Motivasi Mahasiswa Bergabung di Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik
Keywords:
Motivation, Intrinsic Motivation, Extrinsic Mottivation, Motivasi, motivasi intrinsic, motivasi ekstrinsik, pemilihan program studi, Pendidikan Agama KatolikAbstract
Minimnya kajian mengenai motivasi mahasiswa dalam memilih program studi keagamaan, khususnya Pendidikan Agama Katolik, menjadi permasalahan yang perlu mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan motivasi mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Agama Katolik di Institut Filsafat Katolik Ledalero (IFTK) Ledalero. Mengetahui motivasi dalam memilih suatu program studi merupakan hal yang penting. Secara umum, terdapat dua jenis motivasi, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik berasal dari dalam diri individu, sedangkan motivasi ekstrinsik dipengaruhi oleh faktor-faktor dari luar diri. Kedua jenis motivasi ini memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih program studi. Oleh karena itu, peneliti menganalisis berbagai faktor yang memengaruhi pilihan mahasiswa tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap 30 partisipan yang saat ini sedang menempuh studi di Program Studi Pendidikan Agama Katolik. Proses wawancara dilakukan selama dua minggu, dengan pertanyaan yang berfokus pada motivasi mereka mengikuti program studi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa semester dua memiliki motivasi ekstrinsik. Sebanyak 16 mahasiswa menunjukkan motivasi ekstrinsik, sedangkan 14 mahasiswa memiliki motivasi intrinsik. Hampir semua mahasiswa memilih program studi ini karena mempertimbangkan prospek masa depan, fasilitas kampus, serta dosen-dosen yang sebagian besar adalah imam dan ahli dalam bidang agama Katolik. Kontribusi penelitian ini terletak pada upayanya membantu lembaga pendidikan tinggi keagamaan dalam merancang strategi rekrutmen dan pengembangan kurikulum yang lebih sesuai dengan motivasi dasar mahasiswa.
References
Brown, H. D. (2014). Principles of language learning and teaching: A course in second language acquisition. Pearson.
Coon, D., & Mitterer, J. O. (2013). Introduction to psychology: Gateways to mind and behavior.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran, Cetakan III. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Fitriya, E., Nurhayati, F., Rosulina, D., Santora, P., & Taupik, O. (2025). Peran Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 14(1), 1055–1064.
Hartinie, H. (2020). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Dan Persepsi Siswa Pada Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 220–229.
Karsenti, T. P., & Thibert, G. (1995). What Type of Motivation Is Truly Related to School Achievement? A Look at 1428 High-School Students.
Kurniawan, R., Muhlisin, M., & Pertiwi, S. W. (2022). Studi Eksplorasi Motivasi Dan Minat Siswa Smk Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi Pada Program Studi Keolahragaan Di Kabupaten Kendal. Sport Science And Education Journal, 3(1).
Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.
Muhammad Ikmal Rezal Othman, Nurazwa Ahmad, & Nor Kamariah Kamaruddin. (2020). Hubungan antara motivasi instrinsik dan ekstrinsik dengan pencapaian akademik pelajar UTHM. Kajian Kes Di Malaysia, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201
Nurliana, N., & Ulya, M. (2019). Pendidikan Berbasis Motivasi. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(2), 393–412. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=MdAOHTQAAAAJ&pagesize=80&authuser=1&citation_for_view=MdAOHTQAAAAJ:zYLM7Y9cAGgC
Rismayanti, R., Rayhan, M. A., Adzim, Q. K. El, & Fatihah, L. A. (2023). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 251–261.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Volume I | Nomor 1 | Maret, 1(1), 181–204.
Sitoki, R. E. (2023). Motivasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Star’S Lub Dalam Memilih Program Studi Teologi. Apostolos: Journal of Theology and Christian Education, 3(2), 118–132. https://doi.org/10.52960/a.v3i2.212
Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Suriyani, K. W. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih jurusan akuntansi program S1 di Universitas Pendidikan Ganesha. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).
Tinggi, S., Atma, P., Ende, R., & Pastoral, P. K. (2025). Motivasi Mahasiswa Memilih Prodi Konseling Pastoral di Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa Ende Tahun Akademik 2024 / 2025. IX(1), 105–116. https://doi.org/10.53949/arjpk.v9i1.43
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Vansteenkiste, M., Soenens, B., & Waterschoot, J. (2018). Catalyzing intrinsic and internalized motivation: The role of basic psychological needs and their support.
Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, & Nizmah Maratos Soleha. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 APOSTOLICUM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.