Filsafat Pendidikan Immanuel Kant: Kebebasan sebagai Tujuan Pendidikan & Relevansinya dalam Menjawabi Tantangan Pendidikan Kontemporer

Authors

Keywords:

philosophy of Education, Emanuel Kant, contemporary education, challenge, Kantian pedagogy, Filsafat Pendidikan, Pendidikan Kontemporer, Pedagogi Kantian

Abstract

Artikel ini mengkaji filsafat pendidikan Immanuel Kant yang menempatkan kebebasan sebagai tujuan utama proses pendidikan. Bagi Kant, kebebasan bukanlah kondisi alamiah, melainkan potensi manusiawi yang harus dikembangkan melalui pembentukan rasionalitas dan moralitas. Pendidikan tidak semata-mata menjadi sarana transfer pengetahuan, tetapi juga memainkan peran penting dalam pembentukan karakter moral dan kemampuan berpikir kritis. Dengan menggunakan Pendekatan hermeneutik-filosofis, artikel ini menganalisis empat tahapan pendidikan menurut Kant: pembentukan disiplin, pengembangan keterampilan, sosialisasi, dan pembentukan moralitas. Selanjutnya, artikel ini menyoroti relevansi prinsip-prinsip pedagogis Kantian dalam menjawab tantangan pendidikan kontemporer, seperti banjir informasi dan disorientasi nilai. Dalam konteks tersebut, gagasan Kant mengenai kebebasan moral menawarkan kontribusi signifikan bagi pengembangan etika pendidikan di tengah kompleksitas dunia modern.

References

Cavallar, G. (2015). Kant's Embedded Cosmopolitanism: History, Philosophy, and Education for World Citizens. Walter de Gruyter.

Frierson, P. R. (2024). "Kant on Education." Dalam The Oxford Handbook of Kant. Oxford University Press

Kant, Immanuel (1983): „Über Pädagogik“. In: Ders.: Werke in 10 Bänden. Band 10. Hrsg. von Wilhelm Weischedel. Darmstadt. S. 691-764, S. 697

Marcus Willaschek, Kant. Die Revolution des Denskens, Müncheb: C.H. Beck, 2024 (2.Auflage), S. 76

Masrek, M. N., et al. (2024). Information overload, anxiety, stress, and depression of online distance learners. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 2024 Vol. 13 DOI: 10.11591/ijere.v13i6.29009

Otried Hőffe, Kritik der Freiheit. Das Grundproblem der Moderne, München: Verlag C.H. Beck, 2015, S. 93

Sticker, Martin, and David Bakhurst. "Kant on education and improvement: Themes and problems." Journal of Philosophy of Education 55.6 (2021): 909-920. P. 911

Xiao, J., Chen, M., Yang, Y., et al. (2025). An exploratory multimodal study of the roles of teacher-student interaction and emotion in academic performance in online classrooms. Education and Information Technologies.

Internet:

Otfried Hőffe, “300 Jahre Kant- Wie man zum Menschen wird”, Frankfurter Rundschau, https://shorturl.at/bUJqe, diakses 19 April 2024

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Madung, O. G. N., & Lasar, A. B. (2025). Filsafat Pendidikan Immanuel Kant: Kebebasan sebagai Tujuan Pendidikan & Relevansinya dalam Menjawabi Tantangan Pendidikan Kontemporer. APOSTOLICUM: Jurnal Pendidikan Keagamaan Katolik Ledalero, 1(1), 1–22. Retrieved from https://journal.iftkledalero.ac.id/index.php/JAPOS/article/view/267